Perbedaan Antara Sushi dan Maki

Sushi vs Maki 
Perbedaan antara Sushi dan Maki ada pada persiapannya dalam memasak tiap hidangan tersebut. Sushi memang jenis makanan Jepang yang paling dikenal di berbagai penjuru dunia.ungkin hidangan makanan Jepang terbaik dikenal dunia luar. Makanan ini dibuat dari nasi dan ikan ditambah rasa cuka. Namun, sebenarnya ada banyak variasi Sushi yang kurang dikenal terutama bagi orang di luar Jepang. Maki merupakan salah satu jenis sajian yang sering membingungkan karena kadang-kadang disajikan sebagai hidangan pada situasi yang berbeda, terkadang, sajian ini disebut sebagai tipe khusus dari sebuah Sushi. Bahkan maki sendiri juga terbagi dalam beberapa macam, dan ini semakin membingungkan bagi orang awam. Mari kita
bedakan antara Maki dan Sushi dengan menyoroti kelengkapan asing-masing hidangan.
Untuk memahami perbedaan antara Sushi dan Maki yang kurang jelas, kita harus memahami beberapa istilah seperti Shari, Neta, dan Sashimi. Ketika shari dimasak nasi telah diberi cuka, neta mengacu pada bahan lain yang ditambahkan ke dalam Shari dalam pembuatan sushi. Neta pada umumnya terdiri dari makanan laut, terutama ikan yang dikukus. Sedangkan makanan laut yang diiris dan dihidangkan mentah, maka akan di sebut sebagai sashimi. Hal tersebut untuk membedakannya dari Sushi biasa, yang selalu memakainasi.





Apa itu Sushi?
Sushi adalah hidangan kuno yang jika ditelusuri asal-usulnya akan sampai ke Dinasti Tang pada abad ke-7 Masehi. Dulu Sushi terdiri dari ikan yang difermentasi dan nasi, dan istilah sushi mengacu pada sesuatu yang mempunyai rasa asam. Anehnya, pada jaman dulu, hanya ikannya saja  yang dimakan sementara nasinya dibuang. Ketika itu cuka yang ditambahkan ke salam nasi hanya untuk meningkatkan rasa asamnya sehingga hidangan bisa tahan dalam jangka waktu yang lama. Ini juga membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses fermentasi ikan. Akhirnya, proses fermentasi tersebut kini dihilangkan, dan Sushi modern langsung dimakan sekaligus beserta nasinya. Selain itu banyak yang beranggapan jika arti istilah Sushi adalah 'ikan mentah. " padahal arti istilah sushi yang sebenarnya adalah ' beras cuka. '
Sushi yang kita temui sekarang ini adalah kreasi dari Hanaya Yohei yang merubah sushi menjadi jenis makanan cepat saji. Makanan ini lebih mudah dan cepat disajikan karena tidak perlu melalui proses fermentasi. Pada dewasa ini popularitas sushi meningkat pesat dengan munculnya kedai kaki lima dan restoran kecil yang melayani berbagai variasi jenis Sushi.

Ada Sushi vegetarian dan juga Sushi yang disajikan bersama ikan dan daging, baik mentah ataupun dimasak. Secara garis besar, sushi dibagi menjadi 3 macam, Maki Sushi, Nigiri Sushi, dan Oshi-Sushi. Dalam Nigiri Sushi, Anda menyusun irisan ikan di kepalan nasi . Dalam Oshi-Sushi, Sushi disajikan dalam dalam ukuran sekali gigit dalam bentuk persegi panjang atau kotak yang disusun dalam kotak kayu.

Apa itu Maki?
Maki juga disebut sushi gulung, bentuknya silinder. Umumnya, isian dari maki sushi (maki) dibungkus dengan iri. Nori adalah rumput laut yang dapat dimakan dan digunakan dalam membuat berbagai macam resep makanan, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di Korea dan Cina. Namun, Maki dapat dibungkus dengan omlette atau bahkan kertas kedelai. Kadang-kadang mentimun dan tahu juga digunakan sebagai pembungkusnya.

Dengan demikian, perbedaan dasar antara Sushi dan Maki terletak pada cara setiap jenis makanan tersebut disajikan. Ada orang yang lebih cenderung menyebutnya sushi gulung daripada Maki. Ketika anda membuat Maki, maka anda menyusun Nori panggang dan lapisan nasi di sekeliling sayur atau ikan atau isian lainnya.

Apa perbedaan antara Sushi dan Maki?
Sushi adalah makanan pertama yang terbayang jika membahas tentang hidangan khas Jepang.

  • Sushi adalah hidangan tradisional dari Jepang yang terdiri dari nasi dan ikan.
  • Zaman dahulu, ikan difermentasi dan tambahan cuka sangat diperlukan tetapi, di zaman modern, fermentasi telah dilakukan jauh-jauh hari dan membuat Sushi hanya seperti membuat makanan cepat saji.
  • Secara garis besar, Susi dibagi menjadi tiga macam, Maki Sushi, Nigiri Sushi, dan Oshi-Sushi.
  • Maki adalah salah satu jenis Susi, Susi jenis ini juga sering disebut sushi gulung.
  • Ketika sushi digulung menjadi bentuk silinder dengan dilapisi pembungkus, semisal rumput laut, anyaman bambu, atau bahkan omlette, maka akan terbentuklah Maki . Jadi, Maki adalah salah satu cara atau metode yang berbeda dalam menyajikan hidangan sushi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar