Perbedaan Sauto, Tauto, Coto, Sroto dan Soto Bandung

Soto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, dan kadang kala memiliki nama ang berbeda pula.

Sauto  (Soto khas Tegal)
Kita mulai dari Sauto terlebih dahulu, Sauto Tegal konon katanya berasal dari gabungan kata soto dan tauco. Sehingga sebenarnya Sauto itu adalah soto sama seperti soto-soto dari daerah lain. Tapi ada yang membedakan Sauto dengan soto-soto yang lain. Kalau dibandingkan dengan yang lain, soto Kudus misalnya, bumbu
yang dominan dirasakan dalam soto kudus adalah bawang putih. Sedangkan dalam Sauto rasa yang dominan adalah Tauconya yang sekaligus menjadi ciri khas soto Tegal ini.
Pada awalnya, lidah anda yang tidak biasa saat menyantap soto ini akan merasa aneh. Demikian juga bagi Anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi Tauco terutama Tauco Tegal, mungkin akan merasakan sensasi rasa manis, asem, dan asin dari Tauco Tegal yang mungkin aneh rasanya menurut anda. Tetapi setelah beberapa kali makan, lidah anda akan bisa menikmati sensasi rasa tersebut. Bahkan setelah lama tidak merasakan sauto ,ungkin anda kangen dengan soto khas tegal tersebut.

Tauto  (Soto khas Pekalongan)
Tauto memiliki kuah yang lebih kental dari pada aneka soto-soto lainnya , membuat soto tauto atau soto pekalongan memiliki rasa yang sedap . apalagi tambahan tauco pada bumbu nya , membuat tauto atau soto pekalongan ini memiliki rasa yang enak dan sangat unik . soto tauto atau soto pekalongan menggunakan isian daging sapi seperti pada aneka soto-soto lainnya . namun karena kadang ada yang tidak suka dengan daging sapi atau jeroan sapi pedagang juga sering menggunakan daging ayam sebagai bahan alternatif pengganti daging sapi atau jeroan .

Sebenarnya soto tauto atau soto pekalongan hampir mirip dengan soto tauco khas tegal . hanya saja soto tauto atau soto pekalongan memiliki kuah yang sedikit lebih keruh dan rasa bumbunya juga lebih strong atau lebih terasa dibandingkan dengan soto tauco khas tegal. Kuatnya rasa yang dimiliki oleh Tauto disebabkan oleh Jumlah tauco yang digunakan lebih banyak, dan kecap yang dicampurkan pada kuah kaldu yang memberikan rasa manis dan gurih yang tajam. soto tauto atau soto pekalongan sangat nikmat jika dinikmati dengan ketupat atau pun nasi putih . apa lagi jika dinikmati selagi hangat, tentunya akan memberikan sensasi enak dan sedap pada saat menikmatinya .

Coto (Soto khas Makasar)
Coto Makassar atau Coto Mangkasara makanan enak asli nusantara merupakan masakan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Masakan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama dengan racikan beberapa bumbu. Sangat mudah mengenali kuliner ini karena sudah populer di berbagai daerah dan sangat enak disantap dengan aneka bahan yang disajikan beserta kuahnya yang hangat.

Coto Mangkasarak alias Soto Makassar adalah varian soto yang berat karena memakai santan dan kaldunya sangat pekat. Saya duga memakai keluwak sebagai salah satu bumbu. Isinya adalah daging dan jeroan goreng. Bahkan ada coto dengan daging kerbau di Makassar. Tetapi, di Jakarta tampaknya tidak ada coto dari daging kerbau. Ada beberapa rumah makan yang menghidangkan coto bersama sop konro (iga sapi). Coto dimakan dengan nasi, atau ketupat, atau buras (sejenis lontong keras).

Sroto (Soto khas Sokaraja)
Sroto Sokaraja adalah soto khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.  Soto Sokaraja berbahan dasar daging ayam meskipun sekarang juga ada yang mengvariasikannya dengan daging sapi. Soto sokaraja memiliki kekhasan  yang lain dibanding soto lainnya. Kekhasan dari soto sokaraja adalah  penggunaan sambal kacang dan ketupat saat penyajian.

Rasa soto sokaraja manis, gurih, pedas dan segar. Bagi para wisatawan yang datang ke Banyumas tentu tidak akan pernah melewatkan menu makanan ini. Pembuatan soto sokaraja tidak terlalu sulit dan bahan bakunya pun mudah di dapat. Sebagai pelengkap soto sokaraja biasanya menggunakan krupuk yang warna warni.Rasa soto sokaraja dijamin enak dan membuat anda ketagihan.

Soto Bandung
Soto Bandung adalah varian lain dari soto berkuah encer. Soto bandung itu menu masakan soto yang paling ringkas, praktis, dan simpel dalam pembuatannya. Yang membuat lezat dan nikmat adalah karena adanya potongan lobak, aroma wangi lobak itulah ciri khas dari soto bandung. Juga dengan ditaburinya kedelai goreng. Membuat kuah kaldunya semakin terasa gurih, ada sensasi kriuk dari kedelai goreng saat merasakan kuah soto yang hangat dan nikmat tersebut. Varian soto encer seperti ini cocok untuk makan pagi karena terasa ringan.


1 komentar: