Perbedaan Sambal Kacang gado-gafo, siomay, sate, batagor, dan pecel

Sambal kacang dijadikan pelengkap dalam berbagai macam hidangan. Semisal pecel, lotek, gado-gado, dan berbagai macam salad sayuran yang lain. Namun sambal kacang juga digunakan pada hidangan seperti sate, siomay, batagor, cilok, bahkan sroto (soto khas sokaraja). Pada setiap masakan tersebut memakai sambal kacang yang berbeda resep dan komposisinya.

Resep sambal kacang terdiri dari

  • Kacang tanah

  • Bawang putih

  • cabe merah,

  • cabe rawit,

  • terasi bakar,

  • gula merah,

  • garam,

  • air asam jawa,

  • daun jeruk purut

  • kencur


Pada dasarnya sambal diatas dapat digunakan pada semua salad sayuran. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada pecel dan gado-gado, bumbu sambal kacang tidak menggunakan bawang putih dan kencur. Sedangkan sambal kacang untuk karedok, bawang putihnya diganti dengan air perasan jeruk limau. Resep sambal diatas lebih tepat digunakan sebagai sambal kacang pada lotek.

Adapun sambal kacang yang digunakan untuk siomay dan batagor yaitu: kacang tanah, bawang putih, cabai merah, gula pasir, garam, dan air. Perbedaan yang sangat menonjol untuk sambal kacang ini di banding dengan sambal kacang untuk salad sayuran yaitu ada pada gula merah, asam jawa, jeruk, dan terasi. Cara pengolahannya juga berbeda, karena sambal kacang untuk siomay, batagor bumbunya harus ditumis dahulu.
Untuk sate, cilok dan sroto sambalnya dimasak terlebih dahulu seperti siomay dan batagor, selain itu perbedaannya juga terdapat pada komposisi bumbu yang digunakan. Sate tidak memakai gula merah, gula pasir, terasi, daun jeruk, kencur dan air asam. Tetapi ditambah kemiri, kecap dan merica. Sedangkan pada Cilok ditambahkan kecap manis namun tanpa terasi, daun jeruk, dan kencur. Terakhir sambal kacang untuk sroto, juga tidak menambahkan terasi, daun jeruk, dan kencur dalam racikan bumbunya, tapi menambahkan gula pasir.

Sumber

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. United Airlines Reservations Thanks for the information provided by you it’s really great to help from your side but I got the complete solution from the mentioned site

    BalasHapus
  3. Epson Printer Error 0x83 It's an extraordinary delight perusing your post. It truly causes me to feel Happy and Thanku Sharing Your Post.

    BalasHapus
  4. Excellent post. Thank you so much for sharing such an informative post. Do share!
    Read more: Operating System Assignment

    BalasHapus
  5. hawaiian airlines change flight policy When making date/flight, reroute, or other changes to a ticket, any difference in fare will be charged to the customer in addition to any change fee.

    BalasHapus
  6. We are focused on giving our visitors an experience that will bring mental, physical, enthusiastic, and otherworldly equilibrium to their lives. We are, Shaantam Resorts one of the best resort in Rishikesh, we have a beautiful physical location at the lap of Lord Shiva (Neelkanth) close to the town of Rishikesh and encompassed by the powerful green Himalayan reaches. Book resort rooms directly from our Official Website.

    BalasHapus
  7. WhatsApp Kisne Banaya Most Popular messaging app whatsapp ko do dosto ne mil kar banaya tha. jinme se ek achi family se the aur ek gareeb ghar se the. par duniya me

    BalasHapus