Perbedaan antara Pecel, Lotek, Gado-Gado, dan Karedok

     Makanan yang berbumbu sambal kacang ini merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah sayuran. Namun ada yang menggunakan sayuran matang dan ada juga yang menggunakan sayuran yang masih mentah. Untuk lebih detinya, saya akan membahasnya satu persatu.
Pecel
    Pecel merupakan makanan yang berbahan dasar sayuran matang yang disiram bumbu kacang. Dengan taburan bawang goreng yang menyebarkan aroma wangi dan menggugah selera. Penyajian pecel ini juga bisa dikatakan sebagai salad nusantara, seperti  salad yang biasa disantap orang-orang Eropa. Hanya, kalau salad menggunakan topping mayones, untuk pecel topping-nya adalah sambal pecel. Rasa sambal pecel biasanya gurih dan pedas menyengat, kendati bisa disesuaikan selera. Bahan utamanya adalah kacang tanah dan cabai rawit yang dicampur bahan lainnya, seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, garam, dan gula merah.
Pecel bisa disantap dengan atau tanpa makanan pendamping (digado saja), bisa juga ditambah nasi. Penyajiannya bisa di atas piring ataupun dengan daun pisang (dipincuk).Pecel ini cocok untuk sarapan, lauk pelengkapnya bisa dipilih sesuai selera. Ada empal daging, mendol tempe, tempe bacem, atau sate kerang.
y
Lotek
    Lotek merupakan makanan yang juga berbahan dasar sayuran matang, namun ada beberapa yang memberi tambahan sayuran yang mentah. Lotek biasanya terdiri dari bayam rebus, tomat mentah, timun mentah, tauge rebus, tahu goreng, tempe goreng dan lain-lainnya lalu dicampur dengan ulekan bumbu kacang langsung dari cobeknya dan bisa ditambah bakwan juga.Bumbu sambal kacangnya sedikit berbeda dengan pecel, karena ditambah dengan kencur yang menambah rasa khas pada lotek. Lotek bisa dimakan dengan kupat, lontong, ataupun nasi. Dengan tambahan bawang goreng, seledri, dan krupuk yang membuat rasanya tambah mantap.

Gado-gado
    Gado-gado juga makanan yang berbumbu sambal kacang. Dengan sayuran yang semuanya matang seperti pecel, namun dengan tambahan kentang rebus dan telur rebus. Isi sayurannya ada kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah, kol, labu siam dan kentang rebus, telur rebus, serta tahu dan tempe yang dipotong kotak dadu kecil-kecil serta kerupuk sebagai pelengkapnya dan bawang goreng .Untuk sambal kacangnya, terdiri dari ulekan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk halus, terasi, garam, gula merah, air asam jawa, dan cabai. Kemudian sambal kacangnya diaduk dengan isinya. Untuk variasi, dapat disantap dengan nasi atau lontong. Sambal kacang gado-gado hampir sama seperti pecel. Hanya saja tidak menggunakan daun jeruk dan ditambah terasi.
Karedok
    Karedok ini makanan berbumbu sambal kacang yang semua sayurannya mentah. Penyajiannya hanya sayuran mentah dipotong lalu dicampur langsung dengan sambal kacangnya. Sayuran mentahnya terdiri dari: kol, kecambah, kacang panjang, terung hijau, dan daun selada. Untuk sambel kacangnya sendiri, terdiri dari kacang tanah, cabai, garam, kencur, dan gula merah. Biasanya disajikan dengan kerupuk bawang atau kerupuk udang. Dengan taburan bawang goreng dan seledri. Karedok ini juga bisa dinikmati dengan teman kupat, lontong ataupun nasi.

    Jadi bisa didimpulkan bahwa dari keempat makanan yang berbumbu kacang ini perbedaannya ada di bahan yang ada di sambal kacangnya yang membuat masing-masing memiliki rasa yang khas, jenis sayuran yang digunakan, dan olahan sayurannya yang mentah ataupun matang.

Sumber
Sumber 1

2 komentar:

  1. Fiksi Dan Realitas: Perbedaan Antara Pecel, Lotek, Gado-Gado, Dan Karedok >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Fiksi Dan Realitas: Perbedaan Antara Pecel, Lotek, Gado-Gado, Dan Karedok >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Fiksi Dan Realitas: Perbedaan Antara Pecel, Lotek, Gado-Gado, Dan Karedok >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus