Perbedaan Antara Dark Chocolate dan Milk Chocolate

Tanyakan saja pada para penggila coklat manapun, mereka pasti akan menjelaskan pada anda dengan bahwa ada perbedaan besar antara milk chocolate dan dark chocolate. Cokelat terbuat dari biji kakao, yang berasal dari Amerika Tengah. Sejak zaman Aztec Amerika Tengah telah menemukan manfaatnya dan menikmati cokelat. Kemudian coklat dibawa pulang ke Eropa oleh para penakluk dari spanyol. Seiring waktu, ditemukan berbagai cara mengolah coklat, saat ini ada beberapa metode yang digunakan dan disukai oleh pembuat coklat.

Chocolate diekstrak dari tanaman kakao. Buahnya diambil dari pohon langsung, yang berisi biji kakao.
Kemudian dihancurkan dan diekstrak, lalu difermentasi selama sekitar tujuh hari. Dark chocolate memiliki persentase kandungan kakao yang lebih tinggi, dan karena itu cenderung memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Coklat jenis ini memiliki tampilan yang lebih gelap jika dibandingkan dengan milk chocolate.  Gaya cokelat muncul jauh lebih gelap daripada susu coklat karena lebih murni. Kadar gula yang dikandung Dark Chocolate bergantung pada persentase kandungan kakao didalamnya, namun biasanya kadar gulanya memang rendah. Seringkali dark chocolate memiliki kandungan kakao berkisar pada kadar 65 persen.


Karena dark chocolate lebih murni, maka ia memiliki lebih banyak manfaat kesehatan. Chocolate telah terbukti memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, dapat membantu untuk membersihkan tubuh dari racun dan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit. Manfaat lain dark chocolate bagi kesehatan tubuh yaitu menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kardiovaskular dan membantu mengontrol metabolisme glukosa.

Milk Chocolate lebih halus teksturnya daripada dark chocolate dan juga lebih manis dan mengandung krim daripada dark chocolate. Milk Chocolate pertama kali diproduksi pada tahun 1875 oleh produsen Swiss yang dikenal dengan Daniel Peters. Milk chocolate biasanya mengandung sekitar 30 persen padatan kakao dan menggunakan susu bubuk atau susu kental untuk membuat cokelat lebih creamy dan manis.

Bahan lain yang digunakan untuk memproduksi dark chocolate dan milk chocolate meliputi: gula, vanila atau vanili pengganti dan lesitin, yang bertindak sebagai zat pengemulsi.

Ringkasan:
  1. Dark chocolate memiliki persentase padatan kakao yang lebih tinggi dari milk chocolate.
  2. Milk chocolate dibuat dengan menggabungkan cokelat dengan susu bubuk atau susu kental.
  3. Dark chocolate memiliki beberapa manfaat kesehatan dan lebih bermanfaat daripada milk chocolate.
  4. Dark chocolate pertama kali dikonsumsi di Amerika Tengah pada masa suku Aztec.
  5. Milk chocolate pertama kali dibuat pada abad ke-19 oleh produsen dari Swiss.

1 komentar: