Perbedaan Antara Latte dan Macchiato

Kopi seringkali membingungkan? Dengan semua istilah Perancis dan Italia yang digunakan jika berkaitan dengan kopi, rata-rata orang sering tidak mengerti, dan tidak tahu jenis kopi yang mau dibeli di kafe. Artikel ini akan mencoba menjelaskan dua istilah kopi yang populer terkait dengan kopi "latte" dan "macchiato".

Istilah "latte" dalam bahasa Italia berarti susu dan alami. Di Italia, caffelatte digunakan untuk menggambarkan kopi dicampur dengan susu. Di negara-negara lain saat ini, terutama yang berbahasa Inggris, menggunakan istilah latte untuk menunjukkan jenis kopi tertentu. Di Italia, jika anda memesan latte, maka pelayan akan menyajikan secangkir susu saja dan tentu saja kopi tidak akan disajikan bersamanya.

Dewasa ini, Latte atau Caffe Latte merupakan jenis kopi yang selalu ada dalam menu kopi di seluruh dunia. Perlu dicatat bahwa versi istilah kopi latte yang banyak digunakan di berbagai belahan dunia saat ini adalah versi Amerika. Pada intinya, latte yang berasal dari Italia, atau caffelatte  adalah jenis minuman yang terdiri dari secangkir kopi yang dicampur dengan susu.  Yang dikenal sebagai penemu American latte adalah Lino Meiorin. Dia menjadi barista yang pertama dan sudah terlatih di daerah teluk California, ia dulunya membuat cappuccino ala Italia yang kemudian dianggap memiliki rasa yang terlalu kuat bagi warga lokal. Jadi Meiorin membuat penyesuaian, dengan menyeduh cappuccino tapi dengan menambahkan lebih banyak susu untuk mengurangi kekuatan rasanya. Dia menyebut minuman itu caffe latte, karena ia hanya menambahkan lebih banyak latte (susu) pada minuman tersebut. Para pelanggan tampak menyukainya, kemudian menjadi populer dan menyebar di seluruh negara bagian.


Macchiato juga istilah yang berasal dari Italia, yang berarti penanda atau ditandai. Kopi Macchiato secara harfiah berarti kopi yang ditandai. Awalnya, ini terjadi karena orang yang memesan espresso ingin sedikit susu di atasnya. Kemudian pelayan merasa sulit untuk menentukan yang mana kopi, dan yang mana kopi dicampur susu, karena terlihat sama saja. Kemudian Espresso dengan susu ditandai (macchiato) untuk mempermudah pelayan membedakannya.

Amerika memiliki cara lain untuk menciptakan kembali varian ini. Macchiato di Amerika, biasanya ditambahkan dengan busa, yang akhirnya membuat bingung banyak orang, dan menganggap makna macchiato adalah busa. Sebenarnya, perbedaan yang menonjol hanyalah susu yang dikukus, dan tidak ada yang lain. Kopi macchiato kini telah berkembang dengan bantuan pemasaran bisnis dan faktor-faktor lain.

Kini latte dan macchiato disajikan dengan busa, membuatnya semakin membingungkan bagi banyak penikmat kopi. Sebuah minuman latte Italia yang asli tidak pernah berbusa tetapi di luar Italia, keduanya akan ditambah dengan busa. Perbedaan utama antara dua minuman tersebut hanya tinggal cara menyeduhnya saja.

Latte dan Macchiato pada dasarnya sama. Mereka awalnya adalah campuran antara espresso dengan susu di dalamnya. Perbedaannya adalah macchiato dibuat untuk mempermudah dalam mengenali campuran kopi dengan susu. Sebenarnya, macchiato dapat dianggap sebagai caffe latte berdasarkan bahannya.

Jika anda memesan latte atau macchiato yang berbeda hanya cara menyeduhnya, keduanya memiliki urutan penyeduhan yang berbeda, namun bahannya sama. Latte diseduh dalam urutan ini: espresso masuk terlebih dulu (di atas sirup perasa jika diminta), kemudian susu yang sudah dikukus dituangkan di atasnya. Kadang-kadang diaduk kemudian ditambahkan busa yang bersifat opsional di atasnya. Berikut urutan menyeduh Macchiato : susu yang telah dikukus dituangkan pertama (juga di atas sirup perasa jika diminta) dan kemudian espresso . Juga dapat ditambahkan busa di atasnya jika diinginkan. Dan biasanya macchiato tidak diaduk.

Ringkasan:
  • Latte, di Italia, berarti susu sementara Macchiato berarti ditandai.
  • Latte pada dasarnya adalah kopi dan susu, Macchiato adalah kopi dengan susu tapi susu ditambahkan sebagai penanda.
  • Latte, pada dasarnya mengacu pada bahan minuman, sementara macchiato mengacu pada penampilan minuman.
  • Latte disajikan dengan susu di atas espresso sementara macchiato disajikan dengan espresso di atas susu.

2 komentar: